PIKIRAN MANUSIA TERBATAS TETAPI KUASA TUHAN TIDAK TERBATAS

Refleksi Harian Epiphany. Halaman ke-96 dari 365 halaman dalam tahun.

Yoh 8:51
“Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa menuruti firman-Ku, ia tidak akan mengalami maut sampai selama-lamanya.” (Yoh 8:51-59)

Kadang kita tidak habis pikir bagaimana cara Yesus mengabulkan doa saya padahal situasi sudah mepet?! Kalau dipikir dengan logika sudah tidak ada lagi jalan keluar. Hal inilah yg suka membuat kita meragukan kuasaNya. Tanpa kita sadari kita membatasi kuasaNya. Kita perpikir selayaknya manusia berpikir, bukan seperti Roh berpikir.

Inilah yg terjadi pada orang2 Yahudi di Injil hari ini. Mereka kesal pada Yesus karena perkataan Yesus tidak make sense! Yesus berkata orang yang menuruti perkataanNya tidak akan mati, padahal Abraham aja bisa mati?! Lalu Yesus bilang lagi bahwa Dia bertemu Abraham. Orang2 Yahudi tersebut makin bingung, wong umur Yesus belom 50 gimana bisa ketemu Abraham?! Pikiran orang-orang Yahudi tersebut sangat terbatas, mereka berpikir secara duniawi. Padahal Yesus berbicara secara rohani, bukan duniawi.

Kita yang hidup di dunia ini memang terbiasa berpikir secara duniawi. Tetapi Injil hari ini mengingatkan kita bahwa kita juga manusia rohani, dan kita memiliki Tuhan yang adalah Roh. Maka Ia pun bekerja secara Roh. Ketika logika duniawi kita berkata doa saya sudah tidak mungkin terjawab, masalah saya tidak ada jalan keluarnya! Ya mungkin tidak ada jalan keluar secara duniawi, tetapi tidak demikian secara rohani.

Ketika anak saya yg berumur 9 bulan divonis pneumonia oleh 2 dokter, hati saya kaget dan sedih. Bahkan teman2 yg tau penyakit ini langsung berusaha menguatkan saya dan berkata harus bersabar krn ini penyakit lama sembuhnya. Saya yang tidak sanggup berdoa sendiri, benar2 dikuatkan dengan banyaknya teman2 yg ikut mendoakan. Saya percaya sekali namanya kuasa doa. Ketika secara dunia jalan tertutup, maka doa dapat membuka jalan secara rohani.

Ajaib, besoknya dokter rumah sakit bilang hasil xray ga ada pneumonia nya! Mungkin orang bisa bilang dokter salah diagnosa. Tapi mungkin juga benar diagnosa nya tetapi karena kuasa doa maka pneumonia tersebut hilang! Ini merupakan pengalaman rohani di mana Tuhan dapat bekerja secara ajaib yang tidak bisa dijelaskan secara duniawi. Luar biasa! Satu alasan lagi untuk kita semakin beriman padaNya.

Di halaman 96 ini kita diingatkan bahwa tidak ada yg mustahil bagi Tuhan. Pikiran manusia sangatlah terbatas untuk mengkira-kira kuasa Tuhan. Tetapi siapakah kita berani me-limit kuasa Tuhan? Seperti Pengk 3:11 berkata “Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya, bahkan Ia memberikan kekekalan dalam hati mereka. Tetapi manusia tidak dapat menyelami pekerjaan yang dilakukan Allah dari awal sampai akhir.” Walaupun dalam dunia tidak ada jalan keluar, tetapi di dalam Tuhan semua akan indah pada waktunya!

%d bloggers like this: