Refleksi Harian Epiphany – Halaman ke-68 dari 365 halaman dalam tahun

“Pada hari aku berseru, Engkaupun menjawab aku, Engkau menambahkan kekuatan dalam jiwaku.” (Mzm 138:3)

Saya percaya bahwa tidak ada yang kebetulan yang terjadi dalam hidup. Karena terlalu banyak kebetulan-kebetulan yang sering kita alami, sudah bukan seperti kebetulan lagi jadinya. Semua itu adalah sesungguhnya merupakan pengalaman2 kita akan kemurahan Tuhan yang tak ada habisnya di hidup kita. (Pas mobil mogok, pas ada temen lewat nawarin tumpangan; pas sakit ga bs siapin mknan, ada temen yang dtg bagi makanan, pas uda ampir abis tabungan, dapat pekerjaan baru yg kita nanti2kan; pas dengar firman di misa/baca refleksi harian, pas banget dengan situasi yang saya sedang hadapi, dll)

Ketika kita berseru padaNya, Seringkali kita ga bisa mengerti langsung jawabanNya dan ga jarang pula jawaban Tuhan berbeda dengan yang kita doakan. Namun ketika kita menengok ke belakang, kita sering dibuat terpukau dengan bagaimana Dia bisa membawa kita keluar melewati setiap tantangan dan ujian. Sesungguhnya kita tau banget kalau bukan karena kekuatan dari Tuhan, kita ga mungkin bisa ada sebagaimana kita hari ini. Terlalu banyak pertolongan dan pintu yang dibukakan, ketika kita berpikir mustahil banget yang kaya gini bisa terjadi. Di situlah kita diberi kepekaan & kekuatan utk bisa melihat bagaimana Dia menjawab doa-doa kita dgn caraNya yang ajaib, bukan dengan cara yang kita mau.

Dengan otak kita yang sebesar bakpao (kurang lebih ☺), kita tidak bisa menyelami pikiran Tuhan yang lebih luas dari samudra, bagian kita ketika berdoa adalah percaya pada kasihNya yang tidak terbatas & memohon pertolonganNya. Seperti injil hari ini berkata “Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan yang baik kepada mereka yang meminta kepadaNya.” (Mat 7:11)

Pada halaman 68 ini, mari kita jalani masa Prapaskah dengan kesadaran bahwa rancangan Tuhan bukanlah rancanganku, dan jalanMu bukanlah jalanku. Setiap hari kami berterima kasih kepadaMu Tuhan, karena Engkau yang dengn setia mendengar seruan kami, Engkau jg yg menambah iman, kekuatan & pengharapan kami untuk selalu percaya pada pertolongan-pertolonganMu yang tidak pernah terlambat dalam hidup kami. Amin

%d bloggers like this: