SIAPAKAH YESUS BAGI ANDA?

Refleksi Harian Epiphany. Halaman ke-91 dari 365 halaman dalam tahun.

 

Beberapa orang di antara orang banyak, yang mendengarkan perkataan-perkata itu, berkata: “Dia ini benar-benar nabi yang akan datang.” Yang lain berkata: “Ia ini Mesias.” Tetapi yang lain lagi berkata: “Bukan, Mesias tidak datang dari Galilea! (Yoh 7:41-42)

 

Kedekatan dengan Tuhan memperkuat Iman kita akan Dia

Bacaan Injil hari ini menceritakan orang2 dengan pendapat mereka masing-masing siapakah Yesus itu. Ada yang bilang Yesus adalah mesias, nabi, tapi ada juga yang tidak percaya. Ini tidak hanya terjadi sewaktu zaman Yesus, tetapi terjadi sampai sekarang. Orang-orang dan media banyak menyajikan pendapat maupun informasi yang berbeda tentang Tuhan. Apakah ini membuat iman Anda goyah? Bahkan situasi buruk yang Anda alami sekarang ataupun perkataan orang-orang, apakah itu mengecilkan iman Anda dan membuat Anda bertanya tentang iman Anda?

Bila kita memiliki hubungan yang solid dengan Tuhan, you have to be confident with what you believe who God is for you. Seperti pasangan suami istri ataupun hubungan orang tua pada anak. Orang sekitar dapat mengemukakan pendapat mereka masing2 tentang keluarga kita tetapi kita yang paling tahu kebenaran yang sebenarnya. Ini karena kita adalah keluarga mereka, kita yang punya relationship, dan telah bersama2 dengan mereka dan bertumbuh bersama, mengalami suka duka bersama.

Saya masih ingat ketika anak saya ketiduran di mobil saat pergi ke gereja. Sampai di gereja dia terbangun dan saya membantunya keluar mobil. Saat itu ada teman yang ajak dia main dengan cukup heboh. Anak saya langsung menolak diajak main. Teman saya itu langsung berkata pada saya bahwa anak saya tidak bisa bergaul. Well, orang lain bisa berpendapat demikian. Tetapi saya sebagai orangtua nya tahu anak saya gampang bergaul. Hanya saja saat itu dia baru bangun tidur masa langsung disuru main jingkrak2. Kita saja orang dewasa baru bangun perlu ‘loading‘ dulu 😋. So walaupun orang tersebut berpendapat anak saya tidak bisa bergaul, saya tahu itu tidak benar, perkataannya dan kejadian tersebut tidak menggoyahkan kasih saya sebagai orang tuanya.

 

Siapakah Yesus dalam hidup kita?

Jadi pertanyaannya bagaimana dengan hubungan Anda dengan Tuhan? Siapakah Tuhan bagi Anda? Memang ada saat-saat di mana iman kita ragu. Maka sangat penting kita membina hubungan dengan Tuhan setiap waktu. Bisa dengan “Sate” (saat teduh), membaca firman Tuhan, rutin misa harian di mana bisa bercakap-cakap dengan Tuhan di dalam gereja, mengikutsertakan Tuhan dalam doa di setiap kegiatan, terlibat kegiatan gereja, ikut komunitas, bible study, berdoa bersama di keluarga, dll. Dan di atas semua pengetahuan dan informasi yang kita terima, pengalaman pribadi kita dengan Tuhanlah yang akan memperkuat iman kita akan pribadi Tuhan Yesus.

 

Be confident with who God is for you

Halaman ke-91, jadi siapakah Yesus bagi Anda? Seorang Bapak yang baik? Sahabat yang dapat Anda percaya? Rekan kerja dalam menggapai impian Anda? Seorang Guru yang bijaksana? Be confident with who God is for you. Jangan biarkan iman Anda tergoyahkan!

Selamat berhari Minggu!

%d bloggers like this: