JANGAN TAKUT, KARENA YESUS TELAH MENANG ATAS MAUT!

Refleksi Harian Katolik Epiphany. Halaman ke-107 dari 365 halaman dalam tahun.

 

Maka kata Yesus kepada mereka, “Jangan takut! Pergi dan katakanlah kepada saudara-saudara-Ku, supaya mereka pergi ke Galilea, dan di sanalah mereka akan melihat Aku”. Mat 28:10

Perikop ini adalah bagian dari bacaan injil Matius 28:8-15, dimana Yesus mengatakan kepada perempuan-perempuan yang diliputi perasaan takut dan sukacita karena melihat kuburan Yesus sudah kosong.

 

Lalu mengapa Yesus mengatakan untuk menemui Dia di Galilea, apa istimewanya Galilea?

Galilea adalah daerah berbukit diketinggian sekitar 500-700 meter diatas permukaan laut. Meliputi daerah Nasareth dimana Yesus dibesarkan, di bagian selatan gunung Tabor dimana kemuliaan Yesus di perlihatkan saat Ia bertemu Musa dan Elia , di dekatnya ada lembah Armagedon yg subur, dan di bagian timur berbatasan dengan danau Galilea dimana mujizat melimpahnya ikan didapati para nelayan.

Galilea memang daerah istimewa dalam masa kehidupan dan pelayanan Yesus ditanah Israel, sehingga Galilea baru adalah “tempat” dimana kita bisa bertemu Dia. Lalu apa kaitannya dengan pesan-Nya “Jangan takut….katakan pada saudara-saudara-Ku…..melihat Aku”?

Bacaan ini rupanya sengaja diambil untuk mengingatkan kita kalau baru saja kita mengalami paskah, kemenangan Yesus atas maut, atas penebusan atas dosa-dosa kita, dan ada satu hal yang besar yang dijanjikan buat kita yang percaya dan beriman pada Yesus, bahwa saatnya kita akan bertemu muka dengan muka dengan-Nya.

 

Mengikuti Dia dengan Berani

Jadi kita, anda dan saya tidak perlu takut dan kuatir, kalau Yesus sudah di bangkitkan oleh Allah, maka kita yang percaya pada-Nya juga akan dibangkitkan bersama Dia. Tapi juga perlu diingat selama didunia yang fana , kita diminta (adalah tugas kita) untuk mengatakan hal rancangan keselamatan bagi saudara-saudara kita, meyakinkan mereka atas apa sukacita dan kesaksian hidup yang kita alami dan imani.

Di halaman 107 ini marilah para saudara yang sudah mengalami kasih Kristus yang luar biasa, kita katakan pada saudara-saudara di sekeliling kita untuk tidak takut sebab Dia yang sudah bangkit akan menyediakan tempat buat kita agar bisa selalu bertemu Dia dalam kebahagiaan kekal. Apa yang kita bisa persembahkan buat Dia adalah rasa syukur, melakukan pertobatan terus menerus,taat dan setia kepada Tuhan dan ajaran-Nya tentang mengasihi Dia dan mengasihi sesama, sambil menanti saat kita diperkenankan meninggalkan tenda kehidupan yang fana ini untuk bersatu dengan-Nya.

Selamat paskah, Tuhan memberkati kalian dan keluargamu selalu.

%d bloggers like this: