Saat kita berdoa, sesungguhnya kuasa Tuhan bekerja pada saat itu juga

Refleksi Harian Epiphany. Halaman ke-86 dari 365 halaman dalam tahun.

 

Maka kata Yesus kepadanya: “Jika kamu tidak melihat tanda dan mujizat, kamu tidak percaya.” Yoh 4:48

Banyak orang berdoa kepada Tuhan dan percaya bahwa Tuhan itu baik dan penuh kuasa SETELAH doanya dikabulkan. Sebelum doanya dikabulkan, ia akan tetap was-was karena menunggu tanda. Inilah teguran yang diberikan Yesus kepada seorang bapak pegawai istana ketika ia minta Yesus untuk sembuhkan anaknya yang sakit hampir mati.

Tetapi Yesus mengajarkan pelajaran yang penting sekali bagi si bapak dan kita semua, yaitu: pada waktu kita berdoa, sesungguhnya kuasa Tuhan telah bekerja saat itu juga. Di bacaan Injil Yohanes hari ini (Yoh 4:43-54) diceritakan ketika ia dalam perjalanan pulang, hamba-hambanya mengabarkan anaknya sembuh dan hidup! Kesembuhan nya terjadi saat si bapak bertemu Yesus. Dan si bapak baru tahu ketika hamba-hambanya memberi tahu. Padahal kuasa Tuhan sudah terjadi sejak si bapak berbincang-bincang dengan Yesus.

Seorang ibu di Indonesia pernah cerita tentang pengalamannya mencari pembantu. Saat itu pembantu kepercayaannya pulang kampung karena suatu hal. Jadi si ibu harus mengurus pekerjaan rumah dan jualannya sendirian. Karena kewalahan dan belum mendapat pembantu pengganti, si ibu berdoa kepada Tuhan. Baru selesai si ibu berdoa, bel rumah berbunyi. Dan di situ berdiri seorang anak muda yang menawarkan diri menjadi pembantu. Si ibu kaget sekali. Dalam hati dia berkata, “Wah Tuhan, jawaban doanya cepat sekali!” Si ibu yang masih tidak percaya, meminta anaknya untuk mendapatkan informasi. Ternyata itu adalah pembantu pesanan seorang teman tetapi karena teman si ibu sudah dapat pembantu lain, jadi dia disuruh datang ke rumah si ibu. Luar biasa sekali cara Tuhan bekerja!

Ini salah satu pengalaman bahwa sesungguhnya pada saat kita berdoa, Tuhan sedang bekerja untuk kebaikan kita. Memang kadang buktinya ada yang cepat terlihat, ada yang perlu menunggu. Tapi tidak masalah karena kuasa Tuhan SUDAH bekerja sejak kita mulai memanjatkan doa.

Halaman ke-86, sayang sekali banyak orang tidak percaya Tuhan turut bekerja sampe mereka melihat tanda untuk menjadi percaya. Itu bukan iman. Karena iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat (Ibrani 11:1). Refleksi harian hari ini kembali mengingatkan kita bahwa sekalipun kita belom melihat tanda, kuasa Tuhan SUDAH dan AKAN SELALU bekerja untuk kebaikan Anda dan saya. Amin.

%d bloggers like this: