Refleksi Harian Katolik Epiphany. Halaman ke-223 dari 365 halaman dalam tahun.

 

“Lalu Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: “Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku.” Mat 16:24

 

Beberapa tahun yang lalu saya pernah melihat seorang wanita keluar dari supermarket dan membuat saya terkesima. Di pinggang kiri dan kanannya menempel 2 anak kecil yang ia gendong sambil wanita itu membawa plastik belanjaan. Muka saya terkagum-kagum dengan wanita muda itu “kok bisa gendong 2 anak sambil bawa belanjaan???!

Kejadian itu terjadi waktu saya masih single. Nah sekarang saya juga sudah mempunyai 2 anak, dan ternyata bisa juga tuh hehe. Semua karena latihan otot dari menggendong si bayi dari lahir yang waktu itu sangatlah ringan (2.9kg), menggendong untuk menidurkan dia, sampai sekarang sudah makin gempal dan berat sekali! Ternyata otot saya jadi semakin kuat dan sudah tahu trik cara menggendongnya 😄. Sekarang ini, saya bisa sambil gendong anak, bawa tas anak, plastik belanjaan dan tas kantor hehehe..

Mungkin Anda juga punya momen-momen dimana Anda terkesima dengan pengalaman orang-orang yang begitu kuat menjalani berbagai tantangan. Kok bisa ya? Sering kali jawabannya adalah karena mereka telah melatih otot iman mereka, dan otot ini dilatih ketika mereka memikul salib mereka. Ketika ada tantangan menghadang, mereka tidak lari dan mau cari enaknya. Malahan mereka hadapi dengan mempraktikkan firman Allah, semakin mendekatkan diri pada Yesus, sangkal diri, pikul salib dan mengikuti Yesus! Mudah? Sama sekali tidak! Karena ketidakmudahan itulah otot iman kita semakin kuat.

Refleksi harian Katolik Epihany halaman ke-223, tantangan apa yang Anda hadapi saat ini? Biar jadi kesempatan untuk memperkuat otot iman Anda.

Ya Tuhan, kuatkanlah kami untuk selalu setia mengikutiMu. Tidak hanya dalam keadaan senang tetapi juga saat tantangan menghadang. Ajar kami untuk mampu menyangkal diri dan berjalan memikul salib bersamaMu. Karena apa yang kami alami saat ini akan Kau buat indah semuanya pada waktuMu. Dan orang banyak akan terkesima betapa Engkau adalah Allah yg besar dan luar biasa di hidup kami.

%d bloggers like this: