GAYA HIDUP SURGA

Refleksi Harian Katolik Epiphany. Halaman ke-132 dari 365 halaman dalam tahun.

 

“Di rumah BapaKu banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempatKu, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada.” (Yoh 14:2-3)

 

Lewat bacaan injil hari ini ada 2 hal yang Yesus lakukan stlh Dia memberitahukan kita ada banyak tempat tinggal di rumah Bapa:
1. Beliau pergi dulu untuk menyediakan
2. Beliau akan datang kembali untuk membawa kita ke tempat dimana Dia berada

Dan di antara ke 2 point tersebut, ada masa-masa yang kita bisa sebut waiting period ( masa penantian atau pengharapan ). Dalam perjalanan hidup yang penuh lika liku, mungkin seringkali terbersit di benak kita beneran balik ga ya Yesus? Atau hanya janji-janji palsu aja nih? 🙄

Maka dengan langsung ceplos, Thomas bertanya “bagaimana saya bisa tahu jalan ke sana?” ( Just in case, Yesus ngga jemput, jadi bisa tolong tulisin alamatnya ga ya, kira-kira begitu kali yang ada di pikiran thomas ☺

Tentu butuh iman yang lahir dari pengenalan akan Dia untuk kita percaya bahwa Dia akan menggenapi janjiNya. Maka Yesus katakan pada kita semua “Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepadaKu.” (Yoh 14:1)

Pertanyaan yang bisa kita renungkan melalui refleksi harian Katolik hari ini dan menjadi bagian yang bisa kita lakukan adalah bagaimana kita menggunakan waktu yg ada sampai nanti Yesus datang menjemput kita?

Pernah ada seorang teman yang bilang bahwa dia malas ke gereja karena bosan dengan suasananya.. nyanyi dan berdoa aja bikin ngantuk. Lalu ada seorang teman lain yang tiba-tiba nyeletuk sambil bercanda ( namun cukup masuk akal menurut saya ) “wahh gimana kamu betah tinggal di surga donk kalo gitu, karena ada tertulis dalam alkitab kalau pekerjaan para malaikat di surga adalah memuji-muji Tuhan & bercakap-cakap dengan Tuhan. Karena pasti uda ga usah mkrin bayar listrik, bayar kartu kredit, bayar mortgage rumah dll (kan sudah disediain Tuhan) jadi most likely kerjaan kita tentu ikut bersuka cita bersama para malaikat surga karena kemurahan & kebaikan Tuhan.

Di halaman ke-132 ini, mari kita renungkan bersama ketika Tuhan berkata “Akulah jalan, kebenaran & kehidupan“. Selama Yesus hidup di dunia, gaya hidup surga yang seperti apa yang Dia tanamkan & ajarkan kepada kita? Sehingga ketika nanti Dia datang lagi untuk menjemput kita, Dia sungguh mendapati kita dengan setia menantikan janjiNya dan kita bisa ikut bersama-sama dengan Dia dan kita terbiasa dengan suasana di rumah Bapa.

%d bloggers like this: