Refleksi Harian Katolik Epiphany. Halaman ke-321 dari 365 halaman dalam tahun.

 

Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: “Dan sama seperti terjadi pada zaman Nuh, demikian pula halnya Anak Manusia pada hari kedatangan-Nya” (Lukas 17:26). Silakan baca selengkapnya bacaan Injil hari ini dari Injil Lukas 17:26-37.

Apa yang terjadi di zaman Nuh, yakni manusia terlalu lekat pada hal-hal duniawi yang pada akhirnya mengakibatkan dosa dimana-mana. Tuhan sudah memperingatkan melalui Nuh, dan karena Kasih-Nya Tuhan menyelamatkan keluarga Nuh dari air bah yang membinasakan.

Bagaimana nanti saat Anak Manusia datang kembali? Sebagian besar manusia masih hidup dalam dunia mereka, kelompok ini masih menikmati dan mengejar apa yang ditawarkan oleh dunia. Mereka menganggap Tuhan adalah pribadi di atas sana, bukan Roh yang bersemayam di hati setiap manusia, sehingga mereka bisa berbuat apa saja yang mereka kehendaki.

Sebagian lagi menuntut tanda-tanda, padahal mereka terlalu sibuk dengan dirinya dan tidak peka akan tanda-tanda yang sebenarnya sudah ada. Saat Anak Manusia datang pada waktu yang tak terduga, mereka yang tidak siap akan binasa.

Refleksi harian Katolik Epiphany halaman ke-321 ini mengajak kita untuk melihat diri kita sendiri, apakah kita sudah siapkan diri kita untuk menyambut kedatangan-Nya kembali? Marilah kita bertobat, menyadari Allah yang sangat mengasihi kita yang terus mengajak kita yang sudah hidup dalam kebenaran untuk kembali bersatu dengan Dia dalam kerajaan-Nya yang kekal abadi.

Sudah siapkah kita, anda dan saya?

%d bloggers like this: