ONLY BY HIS GRACE

Refleksi Harian Katolik Epiphany. Halaman ke-188 dari 365 halaman dalam tahun.

 

Yesus mendengarnya dan berkata: “Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit. Jadi pergilah dan pelajarilah arti firman ini: Yang Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan, karena Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa.”  (Mat 9:12-13)

 

Kemarin kita diajak merenungkan bahwa orang-orang yang luka batinnya memiliki tendensi mencari-cari kesalahan orang atau mudah berprasangka buruk atas sikap orang disekeliling nya ( dikenal dengan scarcity mentality ) dan Yesus rindu & sanggup utk memulihkan hati mereka.

Dan lewat bacaan injil hari ini, mari kita coba renungkan menurut para pembaca Refleksi Harian Katolik Epiphany, “Sebenernya ada ngga sih di antara kita yang paling layak/pantas untuk bisa duduk dekat dan ditraktir makan oleh Yesus?”

Kalau kita membaca tentang perjalanan hidup santo dan santa, ada kesamaan yang bisa kita pelajari dari hidup mereka yaitu mereka ingat dari mana & siapa mereka sesungguhnya, dan mereka juga mengenal siapa Tuhan yang mereka layani.

Para santo santa ini tidak merasa iri atau perlu bersaing satu sama lain untuk memenangkan hati Tuhan. Mereka juga tidak merasa lebih baik/hebat dengan talenta yang mereka punya. Apapun yang mereka bisa lakukan ( ada yang bisa terbang, ada yang bisa berada di 2 tempat bersamaan, ada yang bisa menyembuhkan, dsb ) karena mereka tahu betapa berdosa dan rapuhnya mereka tanpa Tuhan. Semua yang mereka punya & bisa lakukan dalam hidup mereka adalah karena Rahmat Allah yang telah membuat hidup mereka berharga.

Di refleksi harian Katolik Epiphany halaman ke-188 ini, seperti para santo santa, kita diingatkan bahwa karena belas kasihan Allah maka kita bisa ada sebagaimana kita ada hari ini. Kita dilayakkan untuk menerima janji2-janjiNya ( dan terlebih lagi kita bisa makan minum bersama Dia dalam perjamuan ekaristi ) bukan karena perbuatan baik, hebat, & kuat gagahnya kita.

Mari kita berdoa semoga lewat refleksi bacaan injil hari ini, transformasi hidup kita sebagai pengikutNya juga tercermin dari perilaku & gaya hidup kita dalam berkomunitas & melayani sesama. Kita adalah orang-orang berdosa yang telah dipanggil & diselamatkan dan mengalami Rahmat Allah yang menyembuhkan. Terima kasih Yesus! 🙏🏻

%d bloggers like this: