Refleksi Harian Katolik Epiphany. Halaman ke-39 dari 365 halaman tahun 2019.

 

“Waktu Herodes mendengar hal itu, ia berkata: “Bukan, dia itu Yohanes yang sudah kupenggal kepalanya, dan yang bangkit lagi.”  (Markus 6:16)

 

Bacaan injil hari ini, diawali dengan percakapan orang-orang yang ingin mencari tahu “siapa Yesus sebenarnya” dimana mereka menghubungkan Yesus dengan Yohanes pembaptis & Nabi Elia karena kuasa yang bekerja di dalam hidupNya.

Yang menarik perhatian saya pada hari ini adalah pengakuan Herodes pada ayat kutipan di atas. Entah apa yang beliau rasakan saat mengatakan hal itu adalah sebuah penyesalan, kesedihan atau ketakutan, Hanya beliau sendiri & Tuhan yang tahu!

Mari kita renungkan di refleksi Harian Katolik Epiphany halaman ke-39 ini, pernahkah kita dikejar perasaan bersalah karena perbuatan atau perkataan kita yang telah ‘membunuh’ ( mematikan semangat/harapan atau menyakiti orang lain? )

Seperti Herodes, mungkin kita pernah mengorbankan & melewatkan kesempatan untuk memberkati orang yang telah begitu mengasihi kita hanya karena ego kita semata. Tuhan Yesus tetap sama kemarin, hari ini & sampai selamanya. Jangan kita biarkan kelalaian atau kesalahan ini terus menghantui hidup kita, berbaliklah kepadaNya, mari kita mohon ampun, kekuatan & kebijaksanaanNya untuk tidak mengulanginya 🙏🏻

%d bloggers like this: