KEBAIKAN DIBALIK KESUKARAN

Refleksi Harian Katolik Epiphany. Halaman ke-194 dari 365 halaman dalam tahun.

 

Tetapi sekarang, janganlah bersusah hati dan janganlah menyesali diri, karena kamu menjual aku ke sini, sebab untuk memelihara kehidupanlah Allah menyuruh aku mendahului kamu. (Kej 45:5)

 

Membaca penggalan kisah Yusuf di pagi ini, tentu membuat pembaca refleksi harian Katolik ini merasakan betapa luar biasanya Yusuf di dalam memperlihatkan sifat Allah dengan mampu mengampuni kakak-kakaknya yang sudah menjual dirinya dan pada akhirnya menyelamatkan mereka sekeluarga. Bahkan kalimat yang diucapkan di atas sungguh memperlihatkan betapa bijaksananya dalam mengaktualisasikan Firman Allah yang hidup di dalam dirinya. Di lain sisi tentu betapa emosinya kita kalau mengingat perbuatan kakak-kakaknya yang tidak berperikemanusiaan, tapi Allah tidak meninggalkan orang-orang pilihanNya.

St Teresa dari Los Andes yang kita rayakan hari ini mungkin bukan satu nama Santa yang “ngetop” apalagi dibanding St Teresa Avilla atau Theresia Liseux. St Teresa dari Andes, lahir dengan nama Juana Fernández Solar adalah anak yang saleh namun memiliki temperamen yang sering tak terduga karena dia bisa rentan terhadap kemarahan, sombong dan sangat genit 😱, namun juga dapat menunjukkan sifat amal dan cinta kasihnya. Dia berubah total ketika dia memutuskan untuk menjadi seorang biarawati dan karakternya berubah karena ambisinya satu-satunya adalah mengabdikan dirinya untuk melayani Tuhan. Tidak ada catatan apa yang membuatnya berubah total.

Refleksi Harian Katolik Epiphany Halaman ke-194, sayangnya ia harus meninggal di usia muda karena penyakit mematikan di usia ke 20. Namun Gereja Katolik melalui Paus Yohanes Paulus II mengakui perjuangannya yang berat dan luar biasa sebagai seorang murid Yesus di dalam menekan sifat-sifat lama dan kedagingan yang ada di dalam diri nya, demi mengaktualisikan Firman Allah dan hidup di pimpin oleh Roh Kudus.

St Teresa dari Andes bagai Yusuf di abad 20. Another example bagaimana seseorang mampu berubah dan hidup benar di hadapan Allah karena Roh Kudus. Anda mau? Saya MAU 😁. Tuhan memberkati

%d bloggers like this: