Refleksi Harian Katolik Epiphany. Halaman ke-80 dari 365 halaman tahun 2019.

 

“Aku, TUHAN, yang menyelidiki hati, yang menguji batin, untuk memberi balasan kepada setiap orang setimpal dengan tingkah langkahnya, setimpal dengan hasil perbuatannya.” (Yeremia 17:10)

 

Ada seorang anak muda yang sederhana, orangnya baik dan bisa dikatakan selalu penuh sukacita. Satu hari saat dia sedang menyetir, saat baru berhenti di lampu merah tanpa diduga sebuah truk besar menghantam dia dari belakang dengan keras. Anak muda ini sudah cukup kuatir belum pernah berurusan dengan hal seperti ini. Tanpa disadari, ada sepasang suami istri yang sudah agak berumur dan memperhatikan kejadian ini dan berkata kepada si anak muda ini mereka siap menjadi saksi apabila si supir truk macam-macam. Karena pasangan suami istri ini melihat sang supir menyetir truknya sambil menelpon. Kenal juga enggak ama anak muda ini, namun mau membantu? Ini sungguh luar biasa!

Mendengar sharing ini, buat saya pribadi hanya ada satu penjelasan, apa yang seseorang tabur, itu yang akan ia tuai. Menabur kasih dan sukacita, mendapat pertolongan dan berkat! .

Di refleksi harian Katolik Epiphany halaman ke-80 ini jelas sekali nubuat nabi Yeremia pagi ini, semua orang menerima ganjaran setimpal dengan perbuatannya. Jangan pernah berpikir, ‘oh Tuhan tidak akan tahu, Dia gak ada di dunia koq’

Ini juga yang menjadi korelasi bacaan pertama dengan bacaan Inji dimana Lazarus dan si orang kaya keduanya menerima upah atas apa yang mereka lakukan selama hidup di dunia!

Saya teringat rasul Paulus menulis tentang bangunan kehidupan yang berbunyi, ‘sekali kelak pekerjaan masing-masing orang akan nampak. Karena hari Tuhan akan menyatakannya, sebab ia akan nampak dengan api dan bagaimana pekerjaan masing-masing orang akan diuji oleh api itu’ (baca lengkap 1 Korintus 13:11-15)

Apakah anda dan saya mau menerima keselamatan dan penyertaan Tuhan baik selama hidup di dunia maupun saatnya kita menghadap Bapa? Hiduplah benar di hadapanNya, penuh refleksi diri dan semangat pertobatan. Tuhan memberkati

 

 

%d bloggers like this: