Refleksi Harian Katolik Epiphany. Halaman ke-207 dari 365 halaman dalam tahun 2018.

 

“Tetapi berbahagialah matamu karena melihat dan telingamu karena mendengar.” (Matius 13:16)

 

Hari ini adalah perayaan wajib St Yoakim dan St Anna, orang tua Santa Perawan Maria, Bunda Yesus.

Kalau dipikir-pikir apa mungkin St Yoakim & St Anna sewaktu muda dan saat Bunda Maria dilahirkan tahu kalau anak ini akan menjadi tokoh besar dalam sejarah? Atau bahwa cucu mereka nanti akan datang untuk mengubah seluruh dunia? Rasanya sulit untuk mereka bisa melihat ke masa depan dan betapa dahsyatnya peristiwa-peristiwa yang akan terjadi.

Saya rasa mereka saat ini, bersama seluruh keluarga kudus tersenyum bangga di Surga, seperti ungkapan di kedua bacaan hari ini. Mereka menerima janji Tuhan, bahwa mereka adalah orang kesayanganNya yang diberkati, dimana keturunannya diberkati, dipuji dan dihormati orang-orang dari segala bangsa. Mereka telah melihat, mendengar dan menjadi bagian karya Allah dalam dunia.

Bagaimana dengan kita? Mudah bagi manusia untuk berpikir ‘Ah, cuman Santo Santa yang diberkati, bukan saya orang berdosa.’ Sungguhlah salah kalau kita berpikir seperti ini. Karya Tuhan tetap hidup sampai sekarang!

Ungkapan Yesus di Matius 13:16 juga ditujukan bagi kita pengikutNya yang sudah mendengar kebenaran Firman dan melihat karyaNya dalam hidup kita sehari-hari. Janji dan berkat Tuhan juga menyertai kita yang percaya.

Refleksi harian Katolik Epiphany halaman ke-207 ini mau mengingatkan kita tentang betapa diberkatinya kita boleh mendengar Firman dan melihat kuasaNya dalam pengalaman hidup kita sehari-hari. Kita kaya dalam kasih dan sukacita Kristus!

%d bloggers like this: