Refleksi Harian Katolik Epiphany. Halaman ke-253 dari 365 halaman dalam tahun.

 

Janganlah kamu berhutang apa-apa kepada siapapun juga, tetapi hendaklah kamu saling mengasihi. Sebab barangsiapa mengasihi sesamanya manusia, ia sudah memenuhi hukum Taurat. (Roma 13:8)

 

Silahkan baca selengkapnya di bacaan kedua hari ini dari surat Rasul Paulus kepada umat di Roma 13:8-10.

Kitab Taurat berisi 613 hukum, diantaranya terdiri dari 365 Larangan (tidak boleh ini & itu), dan 248 Aturan (harus ini dan harus itu). Hukum Taurat ini disimpulkan oleh rasul Paulus sebagai “tetapi hendaklah kamu saling mengasihi…” sekaligus menekankan apa yang Yesus sendiri sampaikan.

Yesus tidak menentang hukum Taurat tetapi Dia menggenapinya. Hukum ini sudah baik, dimana ditekankan agar kita mengasihi Tuhan (vertikal) dan mengasihi sesama (horisontal).

Dalam Injil Matius hari ini Yesus berkata kepada para murid bahwa kalau ada saudara yang salah jalan, maka kita wajib menegurnya dan berusaha agar saudara itu kembali. Ini kita lakukan karena kita mengasihi saudara kita.

Sedangkan bacaan pertama hari ini, Yehezkiel 33:7-9 juga menekankan bahwa kalau kita tidak memperingatkan orang jahat untuk bertobat dan dia mati dalam kesalahannya, maka Tuhan akan menuntut pertanggungjawaban kita atas nyawanya.

Ketiga bacaan hari ini berkaitan dengan sangat bagus dan saling melengkapi. Semuanya membahas mengenai mengasihi sesama manusia dan atas dasar mengasihi itulah kita wajib memperingatkan dan wajib mengusahakan agar sesama kita yang berdosa bisa bertobat.

Refleksi harian Katolik Epiphany halaman ke-253, mari kita menjalankan hukum kasih dengan mengasihi sesama melalui perbuatan “berani” menegur saudara kita yang salah jalan, tanpa kuatir kita akan dimusuhi. Tuhan Yesus mengajar kita bahwa Dia sangat mengasihi domba-domba-Nya dan Dia akan mencari bila ada satu domba-Nya yang tersesat. Tuhan memberkati dan happy weekend.

%d bloggers like this: