PENYAYANG, PENGASIH, SABAR, DAN BERLIMPAH KASIH

Refleksi Harian Katolik Epiphany. Halaman ke-162 dari 365 halaman dalam tahun.

 

Berjalanlah Tuhan lewat didepan Musa sambil berseru, “Tuhan adalah Allah yang penyayang dan pengasih, panjang sabar dan berlimpah kasih setia-Nya!” (Keluaran 34:6). Baca selengkapnya di Keluaran 34:4b-6.8-9

 

Bacaan ini diambil dari kitab Keluaran yakni satu dari kitab Taurat yang menceritakan bagaimana Tuhan memberikan 10 perintah Allah kepada bangsa Israel melalui Musa di gunung Sinai. Tuhan memang memberikan 10 perintah yang sebenarnya untuk kebaikan orang Yahudi kalau mereka mau menjalankannya, Tuhan juga menegaskan bahwa Dia adalah Allah yang penyayang dan berlimpah kasih.

Saat ini kita dalam masa yang kacau, orang yang berusaha hidup benar difitnah, karena banyak orang yg merasa perilaku orang benar ini mengusik kehidupan mereka. Orang benar seperti seberkas cahaya yg menyinari tempat gelap sehingga hal yg tidak baik menjadi terlihat.

Apakah fenomena ini dapat mengecilkan hati anak-anak Tuhan? Apakah Tuhan membiarkan ini terjadi? Tuhan mengijinkan hal ini terjadi untuk menguatkan iman anak-anak Tuhan, dan Tuhan tidak membiarkan anak-anak Tuhan ini dicobai lebih dari kemampuan mereka! Jangan takut, Tuhan lebih kuasa, Tuhan tidak tinggal diam. Dia mengutus Roh-Nya, sehingga kita harus tetap teguh pada kebenaran dan tetap berpegang pada Yesus, sumber hidup.

Tuhan mengajari kita hukum kasih, karena Dia adalah sumber kasih. Dia yang terlebih dulu mengasihi kita, memberi kita kemampuan untuk membalas kasih-Nya. Kita mengasihi Tuhan dengan menjalankan perintah-perintah-Nya. Perintah-Nya adalah mengasihi sesama seperti Dia telah mengasihi kita.

Refleksi harian Katolik Epiphany halaman ke-162 ini mengajak kita tetap teguh dan setia menjalankan kehidupan ini dan melakukan perintah-perintah-Nya, jangan takut dan kuatir karena Tuhan lebih berkuasa, penyayang dan berlimpah kasih. Teruslah berjalan diatas rel kebenaran, karena rel itu akan membawa kita menuju kepada keselamatan.

%d bloggers like this: