Refleksi Harian Katolik Epiphany. Halaman ke-133 dari 365 halaman dalam tahun 2018.

 

“Aku tidak meminta, supaya Engkau mengambil mereka dari dunia, tetapi supaya Engkau melindungi mereka dari pada yang jahat…” (Yohanes 17:15)

 

Dalam banyak kesempatan, saya suka menyebut Injil Yohanes bab 17 ini sebagai dasar perlindungan Tuhan Yesus untuk para RasulNya dan kita semua. Betapa tidak, coba ambil waktu baca Injil Yohanes bab 17 keseluruhan; anda akan mendapatkan betapa Yesus mendoakan para RasulNya dan juga untuk kita semua. YA kita semua! lihat ayat 20 yg berbunyi ”…Dan bukan untuk mereka ini saja Aku berdoa, tetapi juga untuk orang-orang, yang percaya kepada-Ku oleh pemberitaan mereka…”

Koq Tuhan Yesus sampai mendoakan para Rasul Nya dan kita semua? Mari kita simak benang merah bacaan hari Minggu ini. Mulai dari bacaan 1, anda dan saya di hadapkan pada kenyataan bahwa ke-12 rasul harus dipertahankan, karena tugas pelayanan yang di emban oleh para Rasul luar biasa penuh tantangan! Bukan soal di tolak saja, namun bisa saja berujung kematian. Dan itu menjadi nyata (belakangan kita ketahui) saat Saulus muncul, St Stefanus dirajam dsb.

Sudah mengalami di siksa, disakiti – eh ajaran Yesus justru KASIH. Kita bisa lihat di bacaan ke dua dimana menekankan bahwa anda dan saya belum melihat Bapa di Surga; namun kalau anda dan saya mengasihi sesama dan orang2 yang menyakiti kita; anda dan saya melihat Bapa.  Waduh…ngampunin orang yang menyakiti kita??😖😫 susah Tuhan…..

Refleksi harian Katolik Epiphany halaman ke-133, kita mengerti sekarang bahwa Yesus sudah menubuatkan bahwa RasulNya dan kita semua akan mengalami tantangan besar. Itu sebabnya, Ia berdoa dan meminta agar Bapa melindungi kita semua dari si jahat. Apa lagi yang kita ragukan? Mari, bangkit dan persiapkan diri kita untuk melayaniNya lebih lagi. Tuhan memberkati.

%d bloggers like this: