Refleksi Harian Katolik Epiphany. Halaman ke-323 dari 365 halaman dalam tahun.

 

Karena setiap orang yang mempunyai, kepadanya akan diberi, sehingga ia berkelimpahan. Tetapi siapa yang tidak mempunyai, apapun juga yang ada padanya akan diambil dari padanya. (Matius 25:29)

Membaca Injil hari ini anda dan saya di ingatkan oleh Talenta yang Ia titipkan kepada kita semua. Dan ’Talenta’ ini adalah HARTA (property)-Nya (lihat ayat 14), sesuatu yang sangat berharga yang dimilikiNya. Tidak sembarangan dan sangat penting sekali apa yang Ia ingin para hamba-hambaNya ikut ambil bagian di dalam pertumbuhan dan perkembangannya. Yesus tidak berbicara semata-mata soal uang (bagi orang Yahudi saat itu, uang sangatlah penting! Itulah sebabnya Yesus memberi perumpamaan supaya gampang dimengerti 😀). Talenta yang Yesus ingin sampaikan adalah talenta-talenta yang Ia titipkan untuk anda dan saya pakai di dalam melayaniNya, dan salah satunya adalah KASIH.

Seorang istri sangat membenci suaminya karena sang suami memiliki affair. Makin dalam ia membenci suaminya, makin ia kehilangan sukacita dan kasih di dalam melayani keluarganya. Akibatnya keluarganya semakin hari semakin kacau, keributan dan pertengkaran sering sekali terjadi, dan anak-anak mereka menjadi semakin terluka. Sang istri berusaha bunuh diri namun terselamatkan dan mengalami koma selama beberapa hari.

Saat kasih hilang, semua menjadi rusak dan kacau. Saat sang istri sadar, dengan pertolongan teman-teman yang mendoakan, ia memilih bertobat dan bangkit untuk menyelamatkan keluarganya. Ia mulai berusaha mengampuni suaminya, pelan namun pasti langkah (yang super sederhana namun sangat berat melakukannya) memulihkan keluarganya. Kasih kembali mendiami rumahnya, dan pada akhirnya suaminya bertobat dan kembali ke rumah. Saat ada kasih, berkat semakin di tambahkan!

Refleksi harian Katolik Epiphany halaman ke-323, kasih adalah salah satu Talenta yang Tuhan sudah titipkan. Kasih adalah sifat Yesus sendiri yang bisa kita rasakan dan bagikan karena Roh Kudus sudah bersemayam di dalam diri kita sejak anda dan saya di baptis. Segala tampilan luar dari diri seseorang, wajah yang tampan, tubuh yang indah dan semua yang menarik di mata dunia, adalah sia-sia tanpa sikap takut akan Tuhan (baca Amsal 31:30 di bacaan pertama hari ini). Siapkah anda dan saya terus berusaha mengembangkan talenta rohani yang Tuhan sudah percayakan kepada kita?

%d bloggers like this: