Refleksi Harian Katolik Epiphany. Halaman ke-21 dari 365 halaman dalam tahun 2018.

 

“Kata-Nya, “Waktunya telah genap; Kerajaan Allah sudah dekat. Bertobatlah dan percayalah kepada Injil!” (Markus 1:15)

 

Bulan lalu saya dan beberapa teman berencana nonton film yang baru keluar di bioskop. Awalnya kita rencana untuk beli tiket online dari jauh-jauh hari tapi saling menunda karena melihat kalau banyak kursi yang masih kosong. Beberapa hari kemudian ternyata kita lihat bioskopnya mulai penuh dan kita buru-buru beli tiket. Sayangnya beberapa teman harus duduk terpisah karena tidak ada kursi yang berdekatan.

Banyak hal dalam hidup kita memiliki ‘deadline’ atau batas waktu. Saat waktu habis, maka tertutuplah pintu menuju kesempatan tersebut. Masalahnya manusia memang sering menunda-nunda kalau merasa masih punya banyak waktu.

Yesus memberi peringatan akan Kerajaan Allah yang sudah dekat, dimana tangan Allah yang penuh belas kasih akan turun untuk menyelamatkan dan membebaskan dunia dari kejahatan dan kebinasaan. Ia ingin agar kita bertobat dan siap menerima Kerajaan Allah pada saatnya.

Refleksi harian Katolik Epiphany halaman ke-21, ketiga bacaan hari Minggu ini mengingatkan tentang betapa singkatnya waktu yang kita miliki di dunia untuk bertobat. Kita juga diingatkan untuk tidak menunda-nunda untuk berbalik kepada Allah dari dosa-dosa dan jalan kita yang mulai menjauh dari padaNya.

Murid-murid Yesus dan bangsa Niniwe mau mendengar peringatan yang mereka terima dan mengambil tindakan untuk bertobat. Maukah kita mengikuti contoh mereka dan menanggapi ajakan Yesus saat ini juga?

%d bloggers like this: