Refleksi Harian Katolik Epiphany. Halaman ke-55 dari 365 halaman tahun 2019.

 

“Kasihilah musuhmu, berbuatlah baik kepada orang yang membenci kamu” (Lukas 6:27)

 

Sampai saat ini ada banyak sekali dilakukan penelitian tentang kanker dan penyebabnya. Ada yang mengatakan kandungan chemical di makanan, cahaya matahari yang terlalu terik, radiasi HP, bahkan radiasi microwave pun katanya bisa menyebabkan kanker. Disamping itu, ternyata ada juga yang mengatakan bahwa perasaan benci, marah, dendam juga bisa menyebabkan kanker.

Pernah marah pada seseorang? Saya sih sering. Pernah karena di dalam pikiran itu muter-muter perasaan marah dan benci saya sampai gak bisa tidur. Saat itu sih tidak sampai kanker, tapi saya jatuh sakit dan gak masuk kantor. Perasaan marah dan benci yang berlebihan bisa mempengaruhi kesehatan fisik dan emosi orang.

Refleksi harian Katolik Epiphany halaman ke-55 ini mengingatkan kita untuk mencintai orang-orang yang telah menyakiti hati kita. Salah satu sumber kesembuhan adalah Sakramen Ekaristi yang mengingatkan kita, Tuhan sendiri telah rela mati di kayu salib demi orang-orang yang membencinya.

Sekarang apabila kita cuma mencintai orang-orang yang baik dan penuh perhatian, maka kita tak ada bedanya dengan orang-orang yang tak mempunyai agama. Penjahatpun juga dapat berbuat demikian. Justru tantangan kita sebagai orang Katolik berbeda. Maukah anda dan saya menerima tantangan tersebut?

%d bloggers like this: