Refleksi Harian Katolik Epiphany. Halaman ke-364 dari 365 halaman dalam tahun 2018.

 

Pesta Keluarga Kudus: Yesus, Maria, Yusuf

JawabNya kepada mereka: “Mengapa kamu mencari Aku? Tidakkah kamu tahu, bahwa Aku harus berada di dalam rumah BapaKu?” (Lukas 2:49)

 

Kutipan ayat di atas adalah perkataan Yesus yang pertama tercatat di Kitab Suci, sebagai jawaban atas pernyataan bunda Maria betapa cemasnya ia dan Santo Yusuf mencari Yesus selama 3 hari.

Hari ini ucapan tersebut juga ditujukan bagi anda dan saya, sebagai anak-anak Allah, untuk senantiasa berada di dalam rumah Bapa. Hal ini bukan berarti sepanjang hari kita berdiam di gereja, kapel, tetapi kita harus peduli akan apa yang Bapa rindukan, memikirkan perkara-perkara ilahi dan bukan hanya perkara-perkara duniawi.

Walaupun melalui perkataan tersebut, Yesus terkesan tidak mau pulang, betah di Bait Allah, namun apa yang Ia lakukan berikutnya adalah pulang bersama orang tuaNya, dan tetap tinggal dalam asuhan mereka. Ia memberi teladan bagi kita anak-anak untuk selalu hormat dan taat kepada orang tua kita sekalipun berbeda pendapat.

Di refleksi harian Katolik Epiphany halaman ke-364 – Pesta Keluarga Kudus – mari kita refleksikan bagaimana relasi kita dengan keluarga? Apakah kita sudah menjalankan peran kita sebagai seorang anak manusia sekaligus anak Allah? Selamat berhari Minggu dan turut serta dalam perayaan Ekaristi.

%d bloggers like this: