Refleksi Harian Katolik Epiphany. Halaman ke-35 dari 365 halaman dalam tahun 2018.

 

Waktu menemukan Yesus, mereka berkata, “Semua orang mencari Engkau.” Jawab Yesus, “Marilah kita pergi ke tempat lain, ke kota-kota yang berdekatan, supaya di sana juga Aku memberitakan Injil, karena itu Aku telah datang.” (Markus 1:37-38)

 

Bacaan hari ini diambil dari bacaan Ayub 7:1-4,6-7; 1 Kor 9:16-23 & Markus 1:29-39.

Perikop ini menceritakan kejadian Yesus yang sehari sebelumnya menyembuhkan mertua Simon. Kesembuhan ini menyebabkan banyak orang datang kepada-Nya untuk minta disembuhkan dari berbagai penyakit dan kerasukan setan. Orang-orang mencari Dia karena kuasa-Nya, tetapi Yesus malah mengajak murid-murid-Nya untuk pergi memberitakan Injil ke tempat lain.

Saat ini banyak orang datang kepada Yesus semata-mata hanya mencari mujizat, kesembuhan atau hal-hal yang bernuansa gaib dari Yesus. Padahal yang seharusnya dicari adalah Tuhannya sendiri, barulah itu semua akan melimpah di dalam diri seseorang.

Dalam injil refleksi harian Katolik hari ini Yesus memperingatkan pengikutnya bahwa Dia telah datang untuk memberitakan injil dan bukan untuk hal-hal lain. Apakah kita, anda dan saya sudah membuka diri untuk mempunyai relasi yang intim dengan Yesus dan mengerti maksud dan tujuan Yesus datang ke dunia? Apakah saat ini kita masih terlena dalam mengejar dan mengutamakan kesenangan-kesenangan duniawi?

Refleksi harian Katolik Epiphany halaman ke-35 ini mengajak kita untuk lebih fokus kepada tujuan hidup kita, yaitu bersatu dengan Tuhan. Mulailah menghindari hal-hal lain yang tidak mendukung tujuan hidup itu.

Sikap takut akan Tuhan, selain membuat kita hormat, kagum dan merendahkan diri di hadapan Tuhan, juga membuat kita mempunyai hikmat akan Tuhan. Sikap yang akan membawa kita kearah kebajikan, integritas dan kemurahan hati. Ini semua yang membawa kita pada Tuhan dan apa yang Dia ajarkan melalui kedatangan-Nya dan melakukannya. Amin. Tuhan memberkati.

%d bloggers like this: