ROH PEMBAHARU HIDUP

Refleksi Harian Katolik Epiphany. Halaman ke-155 dari 365 halaman dalam tahun.

 

“Apabila Engkau mengirim roh-Mu, mereka tercipta, dan Engkau membaharui muka bumi.” Mzm 104:30

 

Salah satu masalah umum yang kita alami adalah rasa takut. Dari takut akan masa depan, takut akan ketidakpastian, takut ditolak, takut gagal, takut disakiti, takut dikecewakan, sampe takut ngga dapet banyak “likes” di sosmed 😅. Tidak jarang karena takut, kita jadi tidak berani melangkah, stress, bahkan ribut dengan orang-orang sekitar kita, yang berujung pada dosa.

Hari ini ada kabar gembira buat kita semua, karena hari ini adalah Hari Raya Pentakosta, di mana para murid yang tadinya ketakutan berubah menjadi berani karena kehadiran Roh Kudus. Yes, firman Tuhan itu benar-benar kabar gembira. Ia tahu pergumulan yang kita hadapi sehingga hari ini Ia mengingatkan kita untuk jangan takut lagi karena Tuhan mengutus Roh KudusNya untuk Anda dan saya, kita semua!

Bacaan Injil hari ini juga menceritakan tentang para murid yang ketakutan setelah peristiwa Yesus wafat di kayu salib. Mereka bersembunyi karena takut pada orang-orang Yahudi. Tetapi Yesus tidak pernah meninggalkan mereka sendiri. Tiba-tiba Yesus hadir di tengah-tengah mereka memberikan damai dan Roh Kudus! Para murid yang tadinya ketakutan, sekarang berubah penuh dengan damai dan Roh Kudus, bahkan berani diutus oleh Yesus. Luar biasa!

Seorang teman baru-baru ini bercerita bahwa ia berasal dari keluarga broken home. Papa dan mamanya suka bertengkar di rumah sampai piring terbang ke mana-mana. Setiap di rumah, dia merasa ketakutan. Puji Tuhan dia ikut komunitas dan mendengar banyak Firman Tuhan. Deep down ia tahu ia hrs menjadi terang buat keluarganya dan bukan lari dan bersembunyi dalam kegelapan. Hingga suatu hari ada kesempatan untuk ajak papa mamanya berdoa bersama. Rasa takut yang luar biasa dan berbagai pikiran negatif meliputi dia. Ia lalu berdoa pada Tuhan dan minta keberanian. Dengan rahmat Tuhan, akhirnya ia berani untuk mengajak papa mamanya berdoa. Dan itulah permulaan orang tuanya melihat dia sebagai pribadi yang berbeda, pribadi yg mengenal Tuhan, dan itulah awal pemulihan dari keluarganya.

Refleksi harian Katolik Epiphany halaman ke-155, ketakutan-ketakutan apakah yang Anda punya? Semua orang memiliki rasa takut, tetapi tidak semua orang sadar bahwa Tuhan telah mengaruniakan Roh Kudus yang mampu mengubah ketakutan menjadi keberanian.

Ya Roh Kudus, terima kasih buat kuasaMu yg menghibur, menguatkan, memberi kedamaian, memberi keberanian. Seperti pada murid, biar kami selalu berani untuk Kau utus menjadi terang di manapun kami berada. Amin.

%d bloggers like this: