Refleksi Harian Katolik Epiphany. Halaman ke-347 dari 365 halaman dalam tahun.

 

Tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah. (Yesaya 25:31)

Satu kali seorang anak bertanya kepada ayahnya, “Pap, tolong share ke saya apa rahasianya papi mampu menahan emosi dan tetap mempertahankan perkawinan sama mami? Jujur aja Pap, aku sih heran liatin papi koq bisa sabar gitu? Aku sih udah minta cerai kali! Toh saya dan adik sudah dewasa”.

Sang ayah terkejut dan menarik nafas panjang, kemudian ia bertanya kepada anaknya, “Apakah kamu percaya bahwa ada kehidupan setelah kematian? Dimana mereka yang meninggal di dalam Kristus akan memperoleh mahkota surgawi?” Sang anak mengangguk. Dan kemudian sang ayah melanjutkan,”Kalau papi tidak takut akan Allah, papi mungkin sudah memilih bunuh diri atau meninggalkan mami dan kalian. Toh kalian sudah besar2 dan dewasa. Namun inilah misteri kemurahan Kristus. Makin manusia takut dan memilih terus bersandar padaNya, makin kekuatan dari padaNya turun dan memampukan papi bertahan. Dengan papi bertahan, sekarang kamu melihat berkatNya; kamu bertanya, papi menjelaskan. Papi sudah kasih contoh, tinggal kamu ambil keputusan. Mau terus bersandar kepadaNya saat kesulitan, ujian, cobaan datang atau lari?”

Refleksi harian Katolik Epiphany halaman ke-347, Santa Lusia yang kita rayakan hari ini adalah lambang martir yang menjaga kemurnian diri nya. Ia lebih rela memilih dipenggal kepalanya demi mempertahankan kemurnian dan imannya kepada Kristus daripada menuruti hawa nafsu dan keduniawian. Ia percaya bahwa menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru, mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya. Mahkota Surgawi diterima oleh Santa Lusia.

Masa Adven, mengingatkan anda dan saya, bahwa keputusan memilih dan mengikuti Dia, adalah keputusan anda dan saya; bukan paksaan orang lain. Tuhan memberkati

%d bloggers like this: