Refleksi Harian Katolik Epiphany. Halaman ke-291 dari 365 halaman dalam tahun.

 

KataNya kepada mereka: “Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit. Karena itu mintalah kepada Tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu. (Lukas 10:2)

 

Hari ini Gereja Katolik merayakan St Lukas, penulis Injil yang secara tradisi dipercaya bahwa ia adalah salah satu dari 70 murid yang di utus Yesus dalam bacaan Injil di refleksi harian Katolik hari ini. Walaupun dalam kehidupan sehari-harinya ia dikenal sebagi seorang tabib dan dokter, St Lukas memilih hidup selibat dan melayani Tuhan dengan luar biasa dan mengikuti kemartiran rasul Paulus di akhir hayatnya. Ia sungguh menyadari makna ayat di atas yang mengingatkan bahwa begitu banyak umat yang sesungguhnya merindukan Firman Allah dan kebenaran Nya, namun sangat sedikit yang dipanggil dan dipilih untuk masuk di dalam pelayanan.

Banyak orang berpikir bahwa melayani firmanNya hanya soal berkotbah, atau memberikan renungan dan pengajaran. St Lukas memilih menulis dan membukukan perjalanan hidup Sang Kabar Gembira itu sendiri. Terlepas dari itu semua, tutur kata dan perilaku seseorang merupakan evangelisasi yang paling efektif dan memperlihatkan Yesus yang memimpin dan hidup di dalam diri orang tersebut dan bukan soal hebatnya ia berkotbah. St Lukas sudah membuktikan itu semua.

Refleksi harian Katolik Epiphany halaman ke-291, banyak hal yang anda dan saya bisa ikut ambil bagian di dalam pelayanan FirmanNya. Sharing iman akan kehadiran Yesus di dalam diri kita, menjaga tutur kata dan selalu mengeluarkan kalimat yang bijak dan positif, kerendahan hati dan berusaha selalu untuk terbuka di dalam mengampuni, adalah contoh beberapa hal sederhana yang bisa kita lakukan. Tentu di samping itu, pelayanan seperti komitmen di dalam kehidupan doa, mendoakan orang lain bisa juga kita jalankan sebagai bagian dalam pelayanan kita menjadi ‘pekerja’ di ladang Tuhan.

Apakah anda dan saya mau terus berkomitmen di dalam mengambil bagian pelayanan FirmanNya? Tuhan memberkati.

%d bloggers like this: