Refleksi Harian Katolik Epiphany. Halaman ke-325 dari 365 halaman dalam tahun 2018.

 

Jawabnya: Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang mempunyai, kepadanya akan diberi, tetapi siapa yang tidak mempunyai, dari padanya akan diambil, juga apa yang ada padanya. (Lukas 19:26)

 

Membaca Injil pada hari ini, saya juga sempat bertanya-tanya, “koq yang sudah punya, malah di tambah. Yang tidak punya malah diambil.” Perumpamaan yang Yesus sampaikan ini sebenarnya erat sekali hubungannya dengan bacaan Injil hari Minggu kemarin mengenai akhir jaman saat kedatanganNya yang kedua.

Sepuluh hamba menerima mina yang sama, hanya 3 yang dibahas. Yang lain tetap mengalami kembalinya sang Tuan. Kita tidak perlu berandai-andai ngapain yang 7 lainnya. Prinsipnya, Yesus memberikan gambaran dua kelompok yaitu yang menggandakan dan yang mengembalikan sesuai yang diberikan.

Kemana Sang Tuan pergi? Tidak lain adalah gambaran bahwa Yesus akan wafat, bangkit dan naik ke Surga. Dan pada waktunya yang tepat Ia akan kembali kedua kalinya untuk memerintah sebagai Raja, mengadili, memisahkan dan memberikan ganjaran yang sepantasnya bagi hamba yang layak.

Refleksi harian Katolik Epiphany halaman ke-325, bagaimana dengan anda dan saya, masuk kelompok mana? Yang mau menggandakan apa yang Tuhan sudah titipkan kepada kita semua dengan berusaha sesuai kapasitas kita membagikan kabar gembira dan melakukan FirmanNya dan semakin ditambahkan karena anda dan saya berhak atas Mahkota Surgawi (lihat lagi kutipan ayat di atas)? Atau tidak melakukan apa-apa? (Malah diambil semua karena golongan ini dimusnahkan dan tidak masuk dalam Kerajaan Allah). Tuhan memberkati pilihan kita.

%d bloggers like this: