YESUS JALAN KEBENARAN DAN HIDUP

Refleksi Harian Katolik Epiphany. Halaman ke-123 dari 365 halaman dalam tahun.

 

Injil hari ini diawali dengan “Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.”
Dan ditutup dengan ayat “Jika kamu meminta sesuatu kepadaKu dalam namaKu, Aku akan melakukannya.” (bacaan lengkap dari Yoh 14:6-14)

Yesus berkata dengan berani bahwa mereka yang melihat dan mengenal Dia berarti melihat dan mengenal Bapa. Yesus katakan dengan tegas bahwa bukti Ia dan Bapa adalah satu, yaitu pekerjaan yang Yesus lakukan adalah pekerjaan Bapa.

Saya anak kedua dari tiga bersaudara. Waktu kecil seringkali saya mendengar mama saya dan saudara-saudara saya ( mereka ini adalah paman, bibi, sepupu dll ) berkata “dari cara saya bicara, mencuci tangan, sampai cara saya sikat gigi itu mirip banget dengan papa saya.” Tidak cuma itu, apa yang papa saya ga doyan, biasanya saya juga ga doyan.. misalnya makan kacang ijo atau ketan itam ga suka kalo ditambah santan dan masih banyak lagi contoh2 lain.

Dari hal-hal kecil seperti ini yang mereka katakan, membuat saya bangga dan seneng banget, sebagai seorg anak yang dibilang mirip sama bapaknya.

Di halaman 123 ini, apakah kita bangga dan senang jadi anak-anakNya, apalagi ketika orang mengalami dan melihat Yesus lewat sikap hidup kita?

Kita melihat bagaimana kedekatan Yesus kepada Bapa begitu membuat Dia penuh kepercayaan diri dalam perjalananNya berkarya di dunia, Dia percaya kuasa Bapa menyertaiNya.

Bagaimana dengan relasi yang selama ini kita bangun bersama Dia lewat doa, baca refleksi harian, dan ikut misa, apakah telah membuat kita juga mengenal Dia lebih baik lagi setiap hari, dan lebih berani dalam melakukan kebenaran yang Dia ajarkan? Atau kita seperti muridNya, Filipus dan Thomas yang telah lama bersama-sama dengan Yesus namun mereka tidak mengenali siapa Dia.

Tuhan, berikanlah kami iman yang teguh untuk percaya pada kekuatan ajaran kasihMu, untuk berani melangkah bersamaMu setiap hari melakukan pekerjaan2Mu dan mengimani firmanMu bahwa “apapun yang kami minta dalam namaMu, Kau akan melakukannya” Amen 🙏🏻

 

%d bloggers like this: