SUPERHERO GOD

Refleksi Harian Katolik Epiphany. Halaman ke-151 dari 365 halaman dalam tahun.

 

TUHAN Allahmu ada di antaramu sebagai pahlawan yang memberi kemenangan. Ia bergirang karena engkau dengan sukacita, Ia membaharui engkau dalam kasih-Nya, Ia bersorak-sorak karena engkau dengan sorak-sorai,” Zef 3:17

 

Pahlawan pembawa pengharapan

Siapa yang tidak kenal Superman? Seorang super hero (baca: pahlawan) dari planet Kripton yang punya kekuatan super. Dia ada di tengah2 penduduk kota Metropolis sebagai seorang manusia bernama Clark Kent. Ketika diperlukan, ia pergi ke kotak telpon and ganti baju sebagai Superman 😄. Dari membasmi musuh sampe menghentikan kereta api/ pesawat dari kecelakaan! Penduduk kota Metropolis tahu mereka punya Superman yang memiliki kekuatan super yang mampu menolong mereka. Kehadiran Superman membawa “hope” atas sebesar apapun masalah yang ada.

Bukankah begitu juga Tuhan kita sebagai seorang pahlawan (hero) di tengah-tengah kita? Silakan baca bacaan hari ini dari Zef 3:14-18. Bahkan Tuhan lebih dari Superman. Tuhan tidak perlu ke kotak telpon dan ganti baju dulu, Ia siap setiap saat! Ia juga mampu membasmi musuh-musuh kita seperti si dosa, si pikiran negatif, si ketakutan, dll. Tuhan tidak hanya memberi hope seperti Superman, Ia memberi kemenangan dan menguatkan kita dari ketakutan dan semangat yang lesu. Bahkan Ia memperbaharui kita selalu dengan kasihNya sehingga kitapun bisa menjadi berkat bagi orang lain.

 

Sukacita Elizabet

Hari ini kita merayakan Pesta Perawan Maria Mengunjungi Elizabet. Saya yakin Maria dan Elizabet pun percaya bahwa Tuhan adalah pahlawan dan Raja mereka. Di injil hari ini Luk 1:39-56, sungguh indah pujian yang diutarakan Maria kepada Tuhan bahwa Ia sungguh merasakan Tuhan yang peduli dan memperhatikan dirinya, Tuhan yang telah melakukan perbuatan-perbuatan besar di hidupnya. Begitu pula Elizabet yang sampai bersukacita karena dipenuhi Roh Kudus ketika ibu Tuhannya datang mengunjunginya! Bahkan kenyataan ia mengandung di usia tuanya itu adalah perbuatan besar yang Tuhan lakukan dalam hidupnya. Tuhan telah menjadi seorang pahlawan yang membawa kemenangan di antara mereka berdua.

Refleksi harian Katolik Epiphany halaman ke-151, bagaimana dengan Anda? Sudahkah Anda mengizinkan Tuhan untuk menjadi pahlawan yang memberikan kemenangan? Karena “TUHAN Allahmu ada di antaramu sebagai pahlawan yang memberi kemenangan. Ia bergirang karena engkau dengan sukacita, Ia membaharui engkau dalam kasih-Nya, Ia bersorak-sorak karena engkau dengan sorak-sorai!

%d bloggers like this: