Refleksi Harian Katolik Epiphany. Halaman ke-12 dari 365 halaman dalam tahun 2019.

 

Semua kejahatan adalah dosa, tetapi ada dosa yang tidak mendatangkan maut. (1 Yohanes 4:17)

Ayat sebelumnya dikatakan bahwa apabila kita mendapati saudara kita berbuat dosa yang tidak mendatangkan maut, maka kita bisa berdoa untuk saudara kita. Tetapi kalau saudara kita berbuat dosa yang mendatangkan maut maka hanya dia yang harus berdoa. Lalu apakah dosa yang tidak mendatangkan maut dan apakah dosa yang mendatangkan maut?

Menurut tradisi katolik dikatakan bahwa dosa artinya perbuatan, perkataan atau keinginan yang bertentangan dengan hukum kekal.

Dosa yang tidak mendatangkan maut adalah dosa bersifat immoral yang bertentangan dengan kasih dan hukum Tuhan sehingga merusak hubungan dengan Tuhan.

Sedangkan dosa yang mendatangkan maut adalah dosa yang membuat seseorang mati terhadap hidup ilahi, mati terhadap persahabatannya dengan Tuhan karena pemberontakannya terhadap Tuhan yang oleh kemauannya sendiri menentang cinta-Nya dan hukum-Nya. Dosa ini hanya bisa terampuni apabila orang tersebut menyesal atas dosanya, memohon pertobatan melalui sakramen tobat dan mau kembali ke pelukan kasih Tuhan.

Refleksi harian Katolik Epiphany halaman ke-12 ini mengingatkan pada kita, anda dan saya untuk berusaha menjaga dan membina persahabatan dengan Tuhan, dan jangan sekali-kali menentang Dia dan hukum kasih-Nya. Tugas kita juga mendoakan saudara/teman yang kita tau telah jatuh dalam dosa yang tidak membawa maut.

 

 

%d bloggers like this: