Refleksi Harian Katolik Epiphany. Halaman ke-286 dari 365 halaman dalam tahun 2018.

 

Tetapi Ia berkata: “Yang berbahagia ialah mereka yang mendengarkan firman Allah dan yang memeliharanya.” (Luk 11:28)

 

Semua orang ingin bahagia, tetapi tidak semua orang tahu bagaimana caranya. Ada yang merasa bahagia tidak perlu muluk-muluk, cukup kebutuhan pokoknya terpenuhi. Yang lain merasa baru akan bahagia kalau perut kenyang, berpakaian indah, punya rumah yang besar. Ada juga yang merasa kebahagiaan didapatkan saat sukses dalam pekerjaan dan mempunyai banyak uang. Yang lain lagi merasa keluarga rukun, kesehatan yang baik, teman (atau follower media sosial) yang banyak membawa kebahagian. Lalu ada pula yang merasa berbagi dengan sesama yang berkekurangan, atau menyumbang kepada Gereja akan membuat dirinya bahagia.

Dalam Injil hari ini, seorang perempuan berseru bahwa menjadi ibu Yesuslah definisi kebahagiaan baginya. Tentu sebuah kehormatan besar menjadi bunda Allah. Namun Yesus mendefinisikan kebahagian secara berbeda, yaitu mendengar dan memelihara firman Allah. Inilah kebahagiaan yang sejati, yang tidak dapat dicuri oleh siapapun dan yang tidak akan berubah sampai akhir jaman.

Cara Yesus mendefinisikan juga sekaligus meninggikan bundaNya dan menjadikannya teladan karena dengan sangat baik telah mengandung, melahirkan, memelihara sang firman Allah, yaitu Yesus sendiri. Definisi bahagia setiap orang bukan hanya berbeda-beda, tetapi juga berubah dari waktu ke waktu. Dulu saya merasa akan bahagia kalau punya gaji sekian, setahun berselang ternyata standar saya sudah berubah. Dulu saya merasa akan bahagia kalau Tuhan mengaruniakan anak2, sekarang saya menginginkan yang lebih dan lebih lagi.

Refleksi harian Katolik Epiphany halaman ke-286 ini mengajak anda dan saya untuk menemukan kebahagiaan sejati yang Yesus ajarkan. Bukan dengan berfokus hanya kepada diri sendiri, bukan juga mengandalkan kekuatan diri sendiri, melainkan dengan membuka diri, menyambut dan memelihara kehadiran Yesus dalam hidup kita. Tuhan memberkati.

%d bloggers like this: