GOD’S PLAN OF SALVATION

Refleksi Harian Katolik Epiphany. Halaman ke-196 dari 365 halaman dalam tahun.

 

Barangsiapa mengakui Aku di depan manusia, dia akan Kuakui juga di depan Bapa-Ku yang di surga. Tetapi barangsiapa menyangkal Aku di depan manusia, dia akan Kusangkal di hadapan Bapa-Ku yang di surga. (Mat 10:32)

 

Selama minggu ini, melalui injil Matius, Yesus memberi pembekalan kepada murid-murid-Nya untuk meneruskan karya kerasulan-Nya di dunia. Mulai dari ajakannya untuk belajar dari-Nya yang lemah lembut dan rendah hati, mempunyai iman seperti imam kepala rumah ibadat dan wanita yang mengalami pedarahan selama 12 tahun, dan menyadari bahwa mereka dibutuhkan sebagai pekerja-pekerja. Yesus mengutus para murid untuk menyelamatkan domba-domba yang hilang dan mengingatkan bahwa Kerajaan Surga sudah dekat. Yesus juga memperingatkan bahaya yang akan dialami mereka dalam pewartaan mereka, dan hari ini Yesus menjanjikan keselamatan bagi mereka yang berani mengakui Yesus di depan manusia.

Hari ini gereja memperingati pujangga gereja Santo Bonaventura yg berasal dari Italia tengah. Seorang doktor gereja, gabungan kekudusan dengan pengetahuan teologi, pernah menjabat sebagai uskup dan kardinal, juga sebagai pimpinan tertinggi ordo Fransiskan selama 9 kali.

Berkaca kepada seorang pujangga gereja yang cemerlang dalam pengetahuan teologi sekaligus pandai memimpin para imam Fransiskan, tetapi dia jalankan dalam kekudusan melalui kerendahan hati dan kesetiaannya kepada Yesus , guru dan Tuhannya, maka bukankah itu berarti Yesus adalah jalan kebenaran yang harus kita ikuti? Terlebih hari ini Yesus menjanjikan keselamatan bagi siapa yang berani mengakui Dia didepan manusia.

Di refleksi harian Katolik Epiphany halaman 196 ini, marilah kita rapatkan barisan kita, berjalan bersama dengan saudara-saudara seiman menuju ke jalan yang telah ditunjukkan sang Mesias, penyelamat kita. Suksesnya perjalanan ini juga ditentukan dari apakah kita menjalankan tugas perutusan yang diperintahkan-Nya untuk mengajak orang lain kepada-Nya, mewartakan bahwa Yesus lah sang Penyelamat kita. Kalau karena seorang Adam seluruh manusia jatuh dalam dosa, tapi melalui Yesus manusia ditebus dan diselamatkan dari dosa.

“Kristus itu jalan. Kristus itu pintu” (St. Bonaventura). Tuhan memberkati.

%d bloggers like this: