BELIEVE AND YOU SHALL RECEIVE

 

Refleksi Harian Katolik Epiphany. Halaman ke-210 dari 365 halaman dalam tahun

 

Jawab Marta: “Ya, Tuhan, aku percaya, bahwa Engkaulah Mesias, Anak Allah, Dia yang akan datang ke dalam dunia.” (Yoh 11:27)

 

Bacaan resmi Injil hari ini sebenarnya di mulai dari ayat 19, namun saya mengajak agar pembaca berkenan memulai dari ayat 1.

Di ayat  3 Yesus sudah diberi tahu bahwa Lazarus sakit, namun jawabannya menarik sekali di ayat ke 4, “Penyakit itu tidak akan membawa kematian, tetapi akan menyatakan kemuliaan Allah, sebab oleh penyakit itu Anak Allah akan dimuliakan.”

Bahkan di ayat 6, Yesus sengaja mengulur-ulur waktu! Atau jangan-jangan Yesus mau show off agar  terlihat dramatis karena mukjizat terjadi dan kelihatan tambah keren? Apakah betul?

Sungguh indah percakapan antara Marta dan Yesus yang terekam di dalam bacaan Injil hari ini (khususnya ayat 21-27). Lihat bagaimana ketika Yesus tiba, Marta mengungkapkan iman nya dg mengatakan: “Tuhan, sekiranya Engkau ada di sini, saudaraku pasti tidak mati. Tetapi sekarangpun aku tahu, bahwa Allah akan memberikan kepada-Mu segala sesuatu yang Engkau minta kepada-Nya.”  Ini adalah iman tingkat tinggi! Marta tidak protes kenapa Lazarus harus menderita, sakit dan mati. Ia tidak protes kenapa orang yang dikasihinya harus meninggalkannya. Ia bahkan terus memperlihatkan keyakinan nya terhadap Yesus dengan mengatakan Yesuslah Mesias – Anak Allah

Refleksi Harian Katolik Epiphany Halaman ke-210, sekarang kita mengerti bahwa bukan tujuan Yesus untuk show off atau mendramatisir suasana sehingga ia menunggu 2 hari lagi. Ia ingin melihat iman Marta dan Maria.

Kita sungguh diberkati melalui percakapan iman yang luar biasa sehingga Yesus memutuskan memperlihatkan dan membuktikan di depan khalayak ramai bahwa Dialah Mesias, Anak Allah, sebagai bukti iman dari Marta!

Tidak ada satu orang pun yang bisa merubah pendapat anda dan saya kecuali diri kita sendiri. Namun saya menyemangati kita semua untuk selalu memperlihatkan iman kita seperti Marta, mengakui bahwa Yesus adalah Sang Mesias, Anak Allah yang sejati! Dialah Alfa dan Omega, dan terjadilah mukjizat di dalam diri kita dan semua orang yang percaya kepadaNya! Seperti Lazarus yang dibangkitkan, anda dan saya disegarkan dan berani mengakui bahwa Yesuslah Sang Mesias!

Selamat menikmati hari raya Santa Marta hari ini. Tuhan memberkati

 

%d bloggers like this: