Refleksi Harian Katolik Epiphany. Halaman ke-96 dari 365 halaman tahun 2019.

 

Yang lain berkata: “Ia ini Mesias.” Tetapi yang lain lagi berkata: “Bukan, Mesias tidak datang dari Galilea!(Yohanes 7:41)

Bacaan injil hari ini mengambarkan sebuah krisis identitas diri Yesus. Sebagian orang menyebut Dia Mesias karena melihat perbuatan Yesus yg melebihi kuasa manusia dalam hal mengajar, menyembuhkan, sedangkan orang lain mengatakan bukan karena menurut kitab suci mereka Mesias berasal dari betlehem bukan Galilea. Padahal Yesus memang berasal dari sana, cuma beberapa waktu menyingkir dan melayani di Galilea.

Bagi kita yang tinggal di Australia tentu tahu apa yang belakangan ini terjadi dlm Gereja Katolik kita. Singkat kata, krisis iman juga menghantam para Imam kita, ada yang sedang dlm ujian proses pengadilan, ada yang mengalami abuse dan sebagai nya.

Hari ini gereja menentukan sebagai hari sabtu imam. Mari kita mendoakan para imam agar mereka tetap setia pada panggilan mereka dan dapat melayani umat, memelihara iman umat agar selamat dalam menghadapi tantangan jaman dalam kehidupan mereka.

Refleksi harian Katolik Epiphany halaman ke-96 ini mengajak kita untuk berdoa dengan lebih khusuk untuk gereja yang mengalami serangan-serangan karena tetap teguh pada ajaran-ajaran Yesus tentang kasih. Mari kita juga berdoa bagi bangsa Indonesia yang sebelas hari lagi mau melaksanakan pemilihan pemimpin negara. Semoga kuasa Tuhan turun atas hati rakyat dalam menentukan pilihan mereka sesuai dengan hati nurani mereka. Semoga kedamaian terjaga dalam proses pemilihan dan sesudahnya sehingga berkat Tuhan turun atas mereka. Amin.

%d bloggers like this: