Refleksi Harian Katolik Epiphany. Halaman ke-71 dari 365 halaman tahun 2019.

 

Datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga. (Matius 6:10)

 

Seberapa baik kita mengenal seseorang ditentukan dari kualitas komunikasi. Tanpa komunikasi, kita tidak akan mengetahui secara dalam dan detil kehendak orang lain dalam relasi tersebut. Yang dalam interaksi hanya sekedar tersenyum menyapa, pasti berbeda tingkat relasinya dengan yang secara sengaja meluangkan waktu untuk ngobrol, berbagi suka duka, harapan dan cita-cita.

Dalam bacaan pertama, Allah Bapa mengatakan bahwa Firman-Nya akan melaksanakan kehendak-Nya. Demikian pula yang Yesus inginkan dari kita semua murid2-Nya. Tuhan Yesus mengajarkan sebuah doa yang sempurna, di situ ada bagian yang berbunyi: datanglah kerajaan-Mu jadilah kehendak-Mu. Agar semuanya itu dapat terjadi, kita harus terlebih dulu berelasi dengan Bapa, mengenali kehendak, kerinduan, harapan bagi hidup kita.

Halaman ke 71, masa pantang puasa mengajak kita untuk membina relasi dengan Tuhan melalui doa-doa kita. Relasi dengan Tuhan yang meningkat akan menguatkan kita untuk berhasil dalam pantang puasa, menolak godaan2 si jahat. Marilah kita melibatkan Tuhan lebih banyak lagi dalam aktifitas kita setiap hari, sehingga kehendak dan kerajaan Tuhan semakin nyata di bumi seperti di sorga.

 

%d bloggers like this: