Refleksi Harian Katolik Epiphany. Halaman ke-106 dari 365 halaman tahun 2019.

 

Jawab Yesus: Nyawamu akan kauberikan bagi-Ku? Sesungguhnya Aku berkata kepadamu: Sebelum ayam berkokok, engkau telah menyangkal Aku tiga kali. (Yohanes 13:38)

 

Romo paroki saya semalam mengumumkan jadwal misa dan pengakuan dosa seminggu ke depan menyambut Paskah. Dengan lembut dia menganjurkan orang-orang yang mungkin puasa dan pantangnya belum berhasil untuk kembali memperbaharui tekad supaya setidaknya bisa melakukan kewajiban ini seminggu ke depan.

Teguran kasih Romo ini mengingatkan saya tentang betapa rentannya komitmen manusia dalam mengikuti Tuhan dan kewajiban kita terhadapNya. Kita tidak lepas dari kegagalan memenuhi janji kita kepada Tuhan, seperti Santo Petrus juga gagal dan menyangkal Tuhan dalam ketakutan dan kelemahannya.

Bacaan Injil hari ini juga menggambarkan betapa sulitnya Yesus yang dikhianati orang yang dikasihiNya dan betapa kesepian diriNya karena ditinggal semua orang di saat ia menderita. Inilah yang kita lakukan saat kita berdosa dan mengingkari janji kita. Tapi perjalanan penderitaanNya dilanjutkan karena Ia tahu Allah akan dimuliakan dan dosa dikalahkan.

Perayaan kemenangan kita tinggal seminggu lagi dan di refleksi harian Katolik Epiphany halaman ke-106 ini kita terus diingatkan untuk terus memperbaharui komitmen dan tekad kita mengikuti Dia.

 

%d bloggers like this: