Refleksi Harian Katolik Epiphany. Halaman ke-261 dari 365 halaman dalam tahun 2018.

 

“Kamu semua adalah tubuh Kristus dan kamu masing-masing adalah anggotanya.” (1 Korintus 12:27)

 

Apa anda pernah tahu tentang penyakit Lupus? Lupus adalah penyakit dimana sistem kekebalan tubuh menyerang bagian-bagian tubuh yang sehat, menyebabkan pembengkakan, rasa panas dan rasa sakit. Penyakit ini tidak bisa disembuhkan. Aneh ya, tubuh kita sebenarnya dirancang untuk berfungsi harmonis satu sama lain, tapi disini ‘pertikaian’ ini menyebabkan seluruh tubuh jadi sakit.

Bacaan pertama membahas tentang Gereja sebagai tubuh Kristus. Gereja disini bisa berarti ‘tubuh besar’ Gereja Katolik universal, sampai ‘tubuh kecil’ kelompok doa kita.

Gereja kita dirancang Tuhan untuk berfungsi harmonis satu sama lain, dimana ada kasih, pertolongan, kedamaian yang menandakan kalau kita itu sehat. Perpecahan, pertikaian, saling menikam, dan saling mendiamkan satu sama lain semua adalah tanda tubuh Gereja yang tidak sehat.

Tubuh yang sehat memiliki kemampuan menyalurkan berbagai macam karunia Allah kepada dunia! Penyembuhan, mujizat, pewartaan efektif semua adalah karunia yang bisa kita salurkan, jika kita menjaga ‘kesehatan’ tubuh Kristus.

Refleksi harian Katolik Epiphany halaman ke-261 mengingatkan kita semua, terutama jika kita melayani, untuk melihat hidup kita sebagai bagian dari sesuatu yang lebih besar. Tidak ada orang yang ‘melayani sendiri’ atau yang namanya ‘single fighter.’  Mari kita jaga hubungan dan janganlah saling menyerang satu sama lain, melainkan hidup dalam kasih.

%d bloggers like this: