Refleksi Harian Katolik Epiphany. Halaman ke-70 dari 365 halaman tahun 2019.

 

Dan Raja itu akan menjawab mereka: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku. (Matius 25:40)

 

Sering kita dinasihati untuk tidak memberi sumbangan pada orang yg meminta-minta di jalan. Kata orang mereka ini sebenarnya engga miskin, ada sindikat peminta2 yang menjadikan ini bisnis menguntungkan.

Di sisi lain saya juga melihat seorang miskin yang kelaparan dan kedinginan diberi makanan dan selimut. Orang miskin ini bersyukur sampai menangis karena ia merasa diperhatikan dan dikasihi.

Memang jaman sekarang ini berbuat baik nampaknya rumit dan jadi sulit. Kita hidup di jaman penuh kecurigaan. Di satu sisi emang ada orang-orang yang memanfaatkan kebaikan orang lain. Tapi di sisi lain ada orang-orang menderita yang sungguh butuh bantuan kita.

Di refleksi harian Katolik Epiphany halaman ke-70 ini kita diingatkan kembali kalau hidup sebagai orang Kristen itu butuh aksi perbuatan kasih, bukan cuman kata-kata. Meski kita tentunya harus hati-hati agar tidak dimanfaatkan, jangan sampai kita berhenti berbuat kebaikan karena kecurigaan atau ketakutan.

Ingat, kasih yang sempurna melenyapkan segala ketakutan.

%d bloggers like this: