Refleksi Harian Katolik Epiphany. Halaman ke-112 dari 365 halaman tahun 2019.

 

Yesus inilah yang dibangkitkan Allah, dan tentang hal itu kami semua adalah saksi. (Kisah Para Rasul 2:32)

 

Suatu waktu saya terlibat kecelakaan di Indonesia dimana mobil saya menabrak motor yang menyalip tiba-tiba dari sebelah kiri. Syukur tidak ada yang celaka dan tidak ada kerusakan berat. Ada beberapa orang yang menyaksikan kejadian tersebut dan mereka turut hadir saat kami bermusyarawah menyelesaikan ganti rugi.

Dalam banyak hal, kita membutuhkan saksi. Kenapa peran saksi itu penting? Seorang saksi adalah orang yang melihat suatu kejadian, bisa memastikan, menceritakan kepada orang lain secara tepat apa yang terjadi. Kalau ada pertentangan pendapat atau keraguan, sang saksi bisa membantu orang lain mengambil pendapat dan memperkuat suatu cerita.

Para murid Yesus di bacaan Injil hari ini menyaksikan suatu kejadian dahsyat, bangkitnya Kristus dari kematian! Saking pentingnya pesan Allah ini, Ia tidak hanya menyatakannya kepada satu atau dua orang, tapi beberapa kali kepada orang2 yang dikasihiNya.

Di refleksi harian Katolik Epiphany halaman ke-112, kita semua orang Katolik yang merupakan orang yang dikasihiNya juga telah menyaksikan tentang kehadiran dan perbuatan Allah dalam hidup kita, 2000 tahun setelah Ia bangkit dan diangkat ke Surga. Kita tahu bahwa hidup, wafat dan kebangkitan Kristus bukanlah sebatas dongeng atau kisah, tapi merupakan kisah kasih Allah kepada umat manusia.

Semoga semangat paskah minggu ini terus memperbaharui tekad kita untuk terus menjadi saksi Kristus dalam hidup sehari-hari.

 

%d bloggers like this: