Refleksi Harian Katolik Epiphany. Halaman ke-295 dari 365 halaman dalam tahun 2018.

 

Demikianlah jadinya dengan orang yang mengumpulkan harta bagi dirinya sendiri, jikalau ia tidak kaya di hadapan Allah. (Lukas 12:21)

 

Membaca bacaan Injil pagi ini mengingatkan saya pada satu ayat dari nubuat Nabi Yesaya yg berbunyi “Mengapakah kamu belanjakan uang untuk sesuatu yang bukan roti, dan upah jerih payahmu untuk sesuatu yang tidak mengenyangkan?” (Yesaya 55:2). Dan ini memang menarik untuk dibahas.

Seorang sahabat di kantor baru complaint akan kehidupannya. Ia merasa kecewa koq sudah kerja tahunan, masih juga merasa miskin dan kurang. Saya berpikir apa yang kurang dari dia? Menurut saya dia jauh di atas kami yang suami istri harus kerja membayar mortgage dsb. Cerita punya cerita, saya baru mengerti karena pengeluarannya besar untuk hal-hal yang belum tentu berguna untuk kemudian hari, hanya untuk kepuasan daging semata.

Lain lagi dengan seorang teman lain di kantor yang selalu hidup bersuka cita, aktif di gerejanya, dan aktif di persekutuan lokal. Padahal anaknya yang masih bayi harus mengalami operasi yang cukup penuh resiko karena mengalami masalah di gendang telinganya. Tapi dia sungguh percaya bahwa rencana Allah adalah baik adanya, dan dia berkata ke saya, “Tuhan ijinkan ini semua terjadi, karena Ia mencintai kami. Yah puji Tuhan mana gak ada private insurance jadi ya harus nunggu. Puji Tuhan ketemu spesialis yang baik, dimasukkan sebagai urgent need”

Refleksi harian Katolik Epiphany halaman ke-295, iman sahabat saya ini menyelamatkan ia, dan anaknya. Apakah itu hebatnya sahabat saya? Bukan saudaraku! Yang memberikan kesembuhan adalah Tuhan Yesus melalui sang spesialis.

Lihat ayat ke-8 bacaan pertama pagi ini yang berbunyi, “Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah”. Iman adalah salah satu Karunia Roh Kudus! Sekarang pertanyaannya, maukah anda dan saya kaya di dalam Allah? Jika YA adalah jawaban anda, mari, jangan memegahkan diri, hiduplah dipimpin oleh Roh Nya yang Kudus, dan nikmati pemberianNya yang membuat anda dan saya menjadi Kaya di dalamNya. Tuhan memberkati

%d bloggers like this: