Refleksi Harian Katolik Epiphany. Halaman ke-148 dari 365 halaman dalam tahun 2018.

 

“Maksud semuanya itu ialah untuk membuktikan kemurnian imanmu — yang jauh lebih tinggi nilainya dari pada emas yang fana, yang diuji kemurniannya dengan api — sehingga kamu memperoleh puji-pujian dan kemuliaan dan kehormatan pada hari Yesus Kristus menyatakan diriNya.” (1 Petrus 1:7)

 

Kadar kemurnian emas dihitung dalam satuan karat. Semakin tinggi karatnya, semakin sedikit impurities pada emas tersebut. Untuk mendapatkan emas dengan karat yang tinggi, diperlukan proses pemurnian yang berulang-ulang dalam api yang panas. Pada suhu yang sangat tinggi, emas menjadi cair dan impurities akan muncul ke permukaan sehingga tukang emas dapat memisahkannya. Iman kita dinilai lebih tinggi dari emas.

Melalui pergumulan dan tantangan hidup, iman kita dimurnikan dan diuji. Dari waktu ke waktu kita akan dihadapkan kepada situasi di mana kita ditantang untuk menunjukkan iman kita, misalnya: berdoa sebelum makan bersama dengan orang yang tidak percaya pada Yesus, memimpin doa di tengah keluarga / komunitas, bersaksi tentang Tuhan dan karya-Nya, sampai kepada situasi di mana kita harus membela iman kita akan Allah dan gereja-Nya.

Dalam bacaan Injil hari ini, kita dapati seorang yang sejak masa mudanya sudah menuruti segala perintah Allah. Ia ditantang Yesus untuk naik ke level selanjutnya dengan menjual miliknya, memberikannya kepada orang-orang miskin, kemudian mengikuti-Nya. Melalui perjumpaan dengan Yesus, iman orang ini dimurnikan dan diuji. Sayangnya orang ini, mungkin anda dan saya juga, masih merasa berat berpisah dengan harta duniawi.

Di refleksi harian Katolik Epiphany halaman ke-148 ini, marilah kita berdoa agar setiap hari roh dan pikiran kita diperbaharui sehingga kita semakin serupa dengan Kristus. Juga agar kita tidak berkubang dalam masalah dan penderitaan kita, sebaliknya dengan sukacita dan pengharapan menjalani hari setiap harinya sebagai kesempatan menumbuhkan dan membuktikan iman kita kepada Tuhan. Kiranya Roh Kudus memberikan bimbingan dan kekuatan bagi kita menjalani hari ini, terutama dalam mengatasi segala tantangan yang kita hadapi.

%d bloggers like this: