Refleksi Harian Katolik Epiphany. Halaman ke-155 dari 365 halaman dalam tahun 2018.

 

Justru karena itu kalian harus sungguh-sungguh berusaha untuk menambahkan kepada imanmu: kebajikan, dan kepada kebajikan: pengetahuan, dan kepada pengetahuan: penguasaan diri, kepada penguasaan diri: ketekunan: kesalehan, dan kepada kesalehan: kasih akan saudara-saudara, dan kepada kasih akan saudara-saudara: kasih akan semua orang. (2 Petrus 1:5-7)

 

Santo Petrus mengingatkan jemaat beriman untuk melengkapi iman mereka dengan kebajikan, pengetahuan, penguasaan diri dll (lihat bacaan di atas).

Apa makna perikop ini buat kita, anda dan saya?

Kalau kita perhatikan urutan dari tahapan kebijakan di atas ternyata dimulai dari iman dan ditambah kebijakan lainnya, tidak melulu ilmu pengetahuan.

Sebuah kesaksian hidup seseorang anak muda yang tumbuh dalam keluarga katolik yang saleh. Sewaktu high school dia mulai terpengaruh teman-temannya yang mengatakan agama itu untuk orang yang lemah. Sejak saat itu ia mulai terkikis imannya.

Imannya mulai kembali kuat saat ia kuliah dan bekerja sebagai ahli biotech yang mendalami masalah sel. Dia begitu kagum dan mengerti kebesaran Tuhan dari bidang yang ditekuninya. Anak muda ini akhirnya menyadari kebesaran Tuhan jauh di luar jangkauan kemampuan manusia yang terbatas. Saat ini dia sudah berkeluarga, aktif melayani di gereja dan berusaha mendidik anaknya untuk mengenal Tuhan.

Refleksi harian Katolik Epiphany halaman ke-155 ini mengajak kita untuk memulai kehidupan rohani kita dengan dasar iman, lalu belajar sepanjang hidup kita menyadari kebesaran karya Tuhan melalui firman-firman Tuhan dalam kitab suci, maupun ajaran Bapa gereja termasuk dari pengajaran para imam.

Kita juga diajak untuk berusaha hidup mengarah ke kekudusan (kesalehan) dengan penuh penguasaan diri menghindari tarikan duniawi dan bisikan iblis yang berusaha membelokkan arah hidup kita, dan selalu bertekun mempraktekkan ajaran Yesus untuk mengasihi sesama.

Maka kita boleh yakin dan percaya bahwa untuk semua itu Tuhan akan menganugrahkan kita dengan janji-janji-Nya yang berharga dan sangat besar buat kita. Amin.

%d bloggers like this: